Double Helix Bridge : Jembatan Keren Sophisticated Banget!

Kali ini gw pengen bahas satu lagi jembatan yang super cantik di daerah Marina, namanya Double Helix Bridge.. Emang keren ya jembatannya sampai harus dibahas? Trust me this one worth it banget untuk gw bahas.. salah satu spot yang instragamable deh di Singapore.. Daaannn route lari yang OKeh buat kalian yg doyan olah raga lari 🙂

Sesuai dengan namanya jembatan ini didesign dengan inspirasi dari bentuk DNA (Deoksiribo Nucleic Acid) yang berupa jalinan dua helix (kata helix ini sendiri artinya bentuk yang melingkar). Kenapa insiprasinya bentuk DNA? Wah saya juga ngga pasti kenapa tapi intensi awalnya sih memang ingin membuat sebuah jembatan pedestrian yang iconic untuk daerah Marina Bay ini dan juga harus terlihat ringan karena disampingnya adalah jembatan mobil dengan struktur yang lumayan masif.

Kalau klaimnya LTA (Land Transport Authority) design seperti ini adalah unik dan pertama ada di dunia. Design ini juga dapet penghargaan  sebagai “ World Best Transportation uilding award”.

Yang merancang jembatan ini kolaborasi Cox Architecture dari Australia dengan A61 Architect, dan Arup sebagai structure engineer nya, sebenernya permintaan/requirement awalnya lumayan susah juga. Jembatan ini harus iconic dan juga harus bisa menghubungkan pedestrian dari arah marina bay menuju promenade secara “seamlessly” dan juga terlindungi, makanya sekarang kita bisa liat di jembatan ini juga ada glass canopy nya. This Glass canopy actually very smart solution kalau kata si hubbie.. simple yet sophisticated, elegant, and the most important thing the problem is solved!

Kalau udah malem jembatan ini akan terlihat cantik banget karena lampu lampu LED nya, bagian dalam akan terlihat putih terang yang juga berguna untuk penerangan jembatannya itu sendiri dan di bagian luarnya akan berwarna biru yang sekaligus mempertegas bentuk melingkar dari strukturnya.

Ditengah tengahnya ada 4 cantilever platform yang agak menjorok keluar dari jembatannya. Spot spot ini suwer asik banget kalau mau poto poto daerah marina. Ke arah selatan akan kelihatan Marina bay Sands hotel dan Art Museum, dan ke arah utara akan keliahan marina square dan Suntec area.

Perhatiin deh detail di jembatan ini, kita akan menemukan huruf huruf c,g, a dan t. Nah buat yang sudah belajar biologi (lebih tepatnya yang masih inget) ini melambangkan cytosine, guanine, adenine dan thymine, mereka inilah yang membentuk DNA seluruh mahluk hidup di bumi yang bulat pepat ini. Jadi jembatan ini bukan hanya bentuknya yang nyama nyamain bentuk DNA tapi beneran sampai level yang cukup detail.

Cara ke Double Helix Bridge

Double Helix bridge terletak sejajar dengan bayfront avenue yang menghubungkan Marina Bay Sands dengan daerah SUNTEC dan marina termasuk juga bisa nyambung dengan esplanade

Cara paling deket untuk ke Double Helix Bridge yaitu dengan MRT, bisa turun di Promenade dan dari situ tinggal nyebrang

Bisa juga dari arah marina bay sands shopping mall, MRT nya Bayfront. Keluar MRT langsung aja masuk ke shopping mall nya dan naik ke lantai 3 dan keluar kearah promenade nya. Dri situ jembatannya sudah keliatan di sebelah kanan.